Monday, October 11, 2010

Bengkalis Kota Terubuk

Kali ini saya mau membeberkan sedikit tentang kampung halaman Ibu saya, Bengkalis. Kota kecil yang merupakan ibukota kabupaten Bengkalis. Terletak di Pulau bengkalis, pulau yang berada di sebelah timur pulau sumatra, tepatnya di muara sungai Siak. Sehingga bisa dikatakan Bengkalis adalah delta sungai Siak.

Biasanya setiap lebaran saya selalu pergi ke kota ini, dimana sanak saudara saya banyak yang tinggal disini. Kotanya asik, bersih, rapi, dan indah. Pusat kotanya terletak ditepi laut. Tiap sore banyak anak-anak muda nongkrong di taman yang ada persis ditepi selat bengkalis. Disini kita juga bisa lihat sunset lho.


Sunset dilihat dari taman tepi laut
Di Bengkalis ada beberapa buah pelabuhan. Yang paling terkenal adalah Bandar Sri Laksamana, sebuah pelabuhan internasional. Kapal-kapal cepat dari Pekanbaru, Dumai, Batam, Malaysia, Singapura, dll berlabuh disini.  Pelabuhan lainnya adalah pelabuhan ro-ro (kapal feri) Sei Selari. Yang melayani penyebrangan Bengkalis-Sei Pakning.

Bandar Sri Laksamana
Sebuah kapal sedang berlabuh
Pelabuhan Ro-Ro
Kendaraan sedang menaiki Ro-Ro di pelabuhan
Di Bengkalis juga terdapat beberapa Pantai. Seperti Pantai Selat Baru, Pantai Pambang, Pantai Parit Tiga. Pantai-pantai nya cukup indah dan terawat.

Pantai Selat Baru
Pantai Pambang
Kehidupan masyarakat Bengkalis yang didominasi suku melayu ini masih sangat tradisional. Terlihat dari sebagian besar rumah disini masih menggunakan desain rumah panggung khas melayu. Di Bengkalis juga masih terdapat alat transportasi tradisional yaitu becak sepeda. Tapi becak sepeda disini agak berbeda dengan becak di Jogja yang supirnya ada dibelakang. Kalau disini, supirnya ada disamping.

Salah satu tradisi masyarakat disini yang paling saya suka adalah tradisi lampu colok. Seni merangkai lampu colok sehingga meciptakan suatu keindahan visual ini dilaksanakan setiap malam 27 ramadhan sampai malam 29 ramadhan setiap tahunnya dan biasa disebut malam 27 likur. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat artikel saya yang ini --> klik!

Ini adalah beberapa bangunan dan beberapa sudut kota Bengkalis.

Perkasa Alam Sport Hall
Jln Jend Sudirman
Penjara Peninggalan Kolonial
Mesjid Raya Istiqamah
Kuil Tionghoa
Sudut kota
Rumah dinas Bupati
Nah, sekian pendeskripsian saya tentang Kota Bengkalis. Kota Terubuk. Kota junjungan. Kotanya orang melayu. Mungkin kurang lengkap, tapi saya rasa cukup menjelaskan bagaimana itu Bengkalis. 

Gimana? Tertarik ke Bengkalis? Hohoho.

2 comments:

  1. wahh....belum brapa lama maen volley dipambang. asikkkk tempatnya

    ReplyDelete
  2. waah iya? emang asik hehe. sering ke bengkalis?

    ReplyDelete