Thursday, September 09, 2010

Lampu Colok Bengkalis

Naah. Ini nih yang paling ane suka kalau ke bengkalis. Yap. Lampu Colok. FYI, lampu colok adalah lampu tradisional yg terbuat dari bahan2 bekas seperti kaleng atau botol sebagai wadah utama bahan bakar lampu tersebut yg diberi sumbu.
Lampu tradisional ini digunakan oleh masyarakat melayu pada umumnya pada zaman dahulu sebagai penerangan. Nah, seiring perkembangan zaman, lampu lampu ini sekarang dijadiin hiasan mas bro. Bahkan dilombakan sebagai festival lampu colok setiap tahunnya. Di Pekanbaru juga udah diadain beberapa tahun terakhir. Lampu colok mulai ada pas malam ke-27 ramadhan. Atau biasa disebut malam 27 likur. Dan berakhir pada malam ke-29.
Kreatifitas masyarakat dalam membuat, menyusun, dan merangkai lampu colok sangat beragam dan patut diacungi jempol. Keren-keren banget cuy!
Nih untuk lebih jelasnya liat aja sendiri








Gimana? Keren kan? Nah, begitu banyak kekayaan budaya yang kita miliki di negeri ini. Hendaknya kita para generasi muda punya kesadaran untuk menjaga dan melestarikannya. Jangan cuma mau nerima-nerima kebudayaan asing aja mas bro, yang katanya lebih gahoel. Budaya kita gak kalah keren. Ya gak?
Kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi.

No comments:

Post a Comment