Saturday, September 11, 2010

Lezatnya Kerang Lokan

Waah. Ada yang tau kerang lokan gak? Atau biasa disebut lokan saja. Bagi yang belum tau, ane kasitau sedikit tentang lokan yaa. 
Lokan adalah binatang sejenis kerang yang hidup di sungai atau laut. Kerang bivalvia ini berbentuk pipih dan besar berwarna hijau kehitaman atau cokelat keputihan. Kepah rasanya sangat lezat disantap ketika sudah dibumbui. Cukup direbus saja bersama bumbu-bumbu maka cita rasa dagingnya tak akan terlupakan sampai kemanapun kita pergi. Hohoho. 



Nyarinya lumayan susah lho. Harus nunggu air pasang surut dulu. Baru deh, pasir pantai atau sungai disodok-sodok pake besi atau pisau, nah kalau terasa ada yang keras, itu kemungkinan lokan. Digali deh tuh tanah.
Naah, td pas ane ke Pantai Selat Baru, (Itu tuh, pantai yang ada di desa Selat Baru kabupaten Bengkalis), ane nyobain Lokan rebus. Jualnya per porsi. Per porsinya 25rb. Dan per porsinya itu berisi lokan sebanyak 1,2 kg. Sebenarnya yang bikin berat itu cangkangnya doang. Isinya dikit banget! Hahaha. Tapi gpp deh, penasaran mau nyobain hehe.
 
Dan ternyata, rasanya lumayan lezat. Beda-beda tipis sama kerang kecil yang biasa kita makan. Yang bikin tambah lezat sambelnya. Cabe ijo ditambah kecap manis sama kecap asin. Hmmmm. Mak nyos.

Ini pantai Selat Baru
Nah, bagi mas mas mbak mbak sekalian, gak ada salahnya cobain juga kerang lokan (kalau nemu hehe). Walaupun agak sedikit mahal, rasanya enak kok. Dan juga katanya banyak khasiatnya :-)

No comments:

Post a Comment