Saturday, October 09, 2010

Tadao Ando. Inspiration of My Life!


Tadao Ando adalah seorang arsitek Jepang, lahir pada tanggal 13 september 1941 di distrik Minato, osaka sebagai putra kembar. dibesarkan kakek dan nenek dari pihak ibu di distrik asahi, nama keluarga ando diperolehnya dari keluarga ibunya. adik kembarnya bernama takao kitayama, memiliki perusahaan konsultan dan desain, kitayama & company di tokyo. arsitek kōjirō kitayama yang berkolaborasi dengan peter eisenman adalah adik bungsunya. great ando adalah nama ringnya sewaktu menjadi petinju profesional. uang hadiah bertinju dipakainya untuk mengembara ke amerika, eropa, afrika, dan asia.

Ando pernah kuliah malam hari di jurusan arsitek osaka institute of technology junior college namun tidak sampai selesai. arsitektur sering dikatakan dipelajarinya secara otodidak dengan membaca buku dan mengamati karya-karya arsitektur dalam perjalanannya di banyak negara. walaupun demikian, setelah lulus dari sekolah menengah teknik, ando pernah berkuliah di sekolah seni setsu mode seminar yang didirikan setsu nagasawa. selain itu, ia pernah bekerja di sebuah biro arsitek, serta mengikuti kursus interior secara tertulis. sebelum mendesain bangunan, ando pernah menangani interior sejumlah kafe di wilayah kansai.

Pada umur 10 sampai 17 tahun, tadao ando bekerja pada tukang kayu. cara belajarnya sangat tak lazim, "saya bukan siswa yang baik. saya lebih suka belajar sendiri di luar kelas. ketika saya berumur sekitar 18, saya mulai mendatangi kuil, tempat suci dan tempat minum teh di kyoto dan nara; ada banyak arsitektur tradisional yang luar biasa di sana. saya mempelajari arsitektur dengan melihat bangunan yang ada dan membaca buku tentangnya." ketertarikannya pada arsitektur pertama kali tumbuh saat pada umur 15 ando membeli buku yang berisi sketsa-sketsa le corbusier. "saya men-trace gambar tersebut berkali-kali, sampai seluruh halaman jadi hitam," kata tadao ando, "saya seringkali heran, dari mana le corbusier mendapatkan ide."

Tadao Ando mengunjungi amerika serikat, eropa dan afrika antara tahun 1962 sampai 1969. pada masa-masa itulah ando mulai membentuk gagasan arsitekturnya sendiri, sebelum mendirikan tadao ando architectural & associates di osaka pada tahun 1969. kantornya banyak menerima pesanan bangunan rumah tinggal. karya-karya awalnya termasuk kebun mawar di distrik ikuta, kobe (1977) dikerjakan bersama yasuhiro hamano dari tim hamano. penghargaan institut arsitek jepang diterimanya untuk desain rumah tinggal sederhana di osaka, sumiyoshi no nagaya (azuma house) pada tahun 1979. sejak itu pula, ando mengembangkan gaya arsitektur berupa bentuk-bentuk geometris dari beton ekspose tanpa finishing.

Kesan pertama dari gaya arsitektur tadao ando adalah materiality. dindingnya yang besar dan dominan, membentuk suatu batas. kesan kedua adalah tactility. dindingnya yang keras itu terkesan lembut dan hening. kesan ketiga adalah emptiness, karena orang hanya disuguhi cahaya di karya-karyanya. hal lain yang mempengaruhi karya dan perbendaharaan bentuk arsitekturnya adalah pantheon di roma dan “enso”. enso adalah lingkaran misterius yang digambar oleh zen-budha, menyimbolkan kekosongan, kesepian, kesatuan, dan momen pencerahan. lingkaran ini, juga bentuk geometri yang kaku, adalah bentuk dasar arsitektur ando. “saya pikir, arsitektur menjadi menarik ketika dia mempunyai dua karakter, sederhana sekaligus rumit.”

Salah satu karya ando adalah row house di sumiyoshi, osaka tahun 1975. bangunan ini adalah blok bangunan sederhana yang diselipkan di sebuah lorong sempit row house yang sudah ada. rumah ini langsung bisa dikenali karena fasad betonnya yang telanjang, hanya ditandai oleh adanya pintu masuk. koshino house adalah karya ando yang lain, diselesaikan dalam dua tahap (1980-81 dan 1983-84). di sini, gaya arsitektur ando lebih terlihat. terutama permainannya dengan cahaya.

"such things as light and wind only have meaning when they are introduced inside a house in a form cut off from the outside world. the forms i have created have altered and acquiered meaning through elementary nature (light and air) that give indications of the passage of time and changing of the seasons"

Ando juga membuat banyak bangunan religius, diantaranya church of light di baraki, osaka (1988-1989) dan water temple di pulau awaji. “saya kira tujuan semua agama sama, membuat manusia bahagia dan nyaman. saya tidak melihat adanya perbedaan ketika mendesain gereja.”

Pada tahun 1980-an, karya ando terus bermunculan di wilayah kansai (termasuk kitano ijinkan di kitano-chō, kobe, dan kawasan shinsaibashi, osaka), pusat perbelanjaan, kuil, serta gereja. bangunan fasilitas publik dan museum seni banyak dihasilkannya pada tahun 1990-an. ando juga diundang sebagai profesor tamu di luar negeri, seperti di universitas yale (1987), universitas columbia (1988), universitas harvard (1889), dan universitas south california (2002).

Tadao Ando memperoleh banyak penghargaan arsitektur, seperti carlsberg prize (1992), pritzker prize (1995), praemium imperiale (1996), dan gold medal of royal institute of british architects (1997). sejak tahun 1997, ando menjadi dosen di fakultas teknik universitas tokyo, dan setelah pensiun mendapat gelar profesor emeritus (2003), serta gelar tokubetsu eiyo kyōju (profesor kehormatan luar biasa universitas tokyo) pada tahun 2005. sekarang, tadao ando adalah salah satu arsitek, legenda hidup, yang sangat dihormati dan mempengaruhi banyak arsitek lainnya.

Ini beberapa contoh karya ataupun rancangan Tadao Ando :

Curch of Light di Ibaraki prefektur Osaka. Ini yang paling saya suka!
Maritime Museum
Maritime Museum
Museum Seni Modern Fort Worth
Museum Suntory, Tempozan, Osaka
Hyakudanen di Awaji Yumebutai
Hotel Westin Awaji, Prefektur Hyogo
Museum Kesusastraan Himeji
Museum Seni Prefektural Hyogo
Sebuah taman di Jepang



Sumber : Wikipedia dan beberapa sumber lainnya dan disunting seperlunya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment