Sunday, April 17, 2011

Cara Memasang Header Blog Dengan Foto Desain Sendiri

Ada sebuah permintaan dari dua orang teman untuk menjelaskan bagaimana membuat header blog seperti pada blog aku ini, yaitu dengan memasang foto hasil racikan kita sendiri. Sebenarnya ini bukan hal yang sulit, bahkan sangat simpel hehe. Langsung aja ya.

Sebelumnya, kalau menurut aku, agar hasilnya lebih bagus dan menarik, untuk menerapkan cara ini sebaiknya blog kalian menggunakan template bawaan dari blogger. Aku udah pernah coba di template lain, dan menurut aku kurang bagus aja (menurut aku lho hehe). Selain itu untuk menentukan panjang gambar yang akan kita pasang pun mudah.

1. Pertama kita siapkan gambar/foto yang akan kita pasang sebagai header. Besar gambar disesuaikan dengan ukuran lebar dan panjang blog kalian sendiri. Kalau punya aku ukurannya 1000 x 235 pixel. Untuk menentukan lebar gambar agar sesuai dengan lebar blog, caranya yaitu (dalam hal ini hanya untuk yang menggunakan template bawaan dari blogger), pergi ke "Rancangan" --> "Perancang Template" --> "Adjust Widths". Pada bagian "Entire blog" lihat berapa px ukuran lebar blog kamu, nah segitu juga ukuran lebar gambar yang harus kamu sediakan. Tingginya gimana? Itu terserah kamu. Sesuai selera hehe. Nah gimana dengan template yang bukan bawaan blogger? Nah, kalau itu sih aku cuma bisa bilang dikira-kirakan aja hehe.


2. Lanjuut. Kalau udah fix gambarnya, tinggal pasang deh. Cara masangnya, pergi ke "Elemen Halaman", pada gadget Header, klik edit. Kalau udah keluar tab edit Headernya, pada pilihan "Gambar" silahkan upload gambar kamu tadi. Dan ingat, pada pilihan Penempatan, pilih yang "Tempatkan keterangan setelah gambar". Dan ingat lagi, kosongkan kotak "Susutkan agar sesuai".


3. Selanjutnya tinggal tunggu upload-an selesai. Terus klik Simpan dan lihat deh hasilnya.

Gimana? Gampang kan? Hehe

12 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Sudah tak coba, trnyata mudah juga, cuma bth kretivitas lagi biar lbh menarik, ma kasih infonya.

    Salam,
    d3p3
    http://www.RahasiaWebsitePemula.com/?id=d3p3
    Panduan membuat web/blog bagi pemula.

    ReplyDelete
  3. thanks buat infonya yak,,
    mau gwa terapin di blog gwa nih, hehhee maklum aqwu adalah newbie yg jrang update postingan, jdi lamaaaaaa bnget bisanya, hehhehee

    ReplyDelete
  4. saya sudah follow blog anda follow balik ya,hihihi...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. gmna yaa?? kok ga bisaa :O gak ada pilihan adjust width -___-

    ReplyDelete
  7. Hahaaaaa...biisaaa...alhamdulillah...ma kasih yaaa ^_^

    ReplyDelete
  8. kalo masang foto di kiri kanan judul gimana ya gan

    ReplyDelete
  9. Ayoo Main di Pelangi Togel
    TOTAL HADIAH RATUSAN JUTAAN UNTUK DIBAGIKAN

    KEPADA MEMBER PERMAINAN TOGEL
    - Semua Pasti Menang Dan dapat ^_^ , No Zonk
    Telp : +85581569708
    BBM : D8E23B5C
    Line : togelpelangi
    Skype: Togel Pelangi
    Link: http://www.togelpelangi.com/

    ReplyDelete