Tuesday, August 31, 2010

Jalanku Bukan Jalanmu

Malam ini ane pergi kerumah sepupu ane coy. Sekedar berkunjung sekalian ngabarin sama sanak saudara disana kalau ane baru nyampe 2 hari yang lalu. Oiya, nganterin oleh-oleh juga. Nyampe sana, langsung deh ponakan-ponakan ane yang masih kecil-kecil nyerbu ane, ada yang bergelantungan di tangan, ada yang narik-narik baju, ada yang narik-narik kaki, wah pokoknya heboh deh hehe. Abis itu ya biasa deh, ditanyain gimana kabar, gimana disana, dan bla bla bla. Terus, kakak sepupu ane nanyain :

Kakak : Sony kedokteran kan?
Ane : Gak ah, siapa bilang?
Kakak : Ha? Jadi apa?
Ane : Arsitek.
Kakak : Waah, kok meleset dek? Padahal kemaren katanya kedokteran. Sayangnya.
Ane : ?? 
 
Wah, rupanya mereka baru tau, dan jadi bahas tentang itu deh semuanya.
Yang mau ane permasalahkan (wah?), kenapa emangnya kalau ane milih jadi arsitek? Emang itu yang ane mau. Dari hati. Emang sih awalnya tujuan ane masuk kedokteran, tapi itu bukan murni dari hati (pengen sih pengen), ada intervensi dari orang tua dan sanak saudara. Tapi toh orang tua ane nyantai-nyantai aja tuh. Orang tua ane cuma nanya, "Sony yakin masuk arsitek kan?". Itu doang. Yang ribut malah sanak saudara ane. 
Sebenernya dari dulu ane udah ngebayangin ini sih. Ngebayangin kalau tiba-tiba ane berubah arah kaya sekarang, eh rupanya kejadian. Yang jadi masalah, para sanak saudara ane yakin kalau ane masuk kedokteran. Jadinya gitu deh. Mereka kaget. FYI, saudara ane di bengkalis juga menyayangkan ane gak jadi masuk kedokteran coy! Emangnya kerjaan di dunia ini cuma dokter? Arsitek juga bisa cari uang, bisa kaya om, tante, kakak, adek, kakek, nenek! Hhhhfft. Bayangin aja kalau ane dipaksain masuk dokter, tapi gak dari hati atau gak mampu, kan bisa kacau jadinya. Jadi tolong hargai pilihan ane. Ini jalan hidup ane, bukan jalan hidup ente!. Ane bakal buktiin kalau jadi arsitek bisa lebih baik daripada dokter. Asal tau aja, ane juga sedih sebenarnya gak bisa menuhin harapan kalian semua, termasuk mama sama papa. Maaf sebesar-besarnya. Tapi sekali lagi, ini jalan hidup ane! Biarkanlah ane memilih sesuai keinginan hati. Jangan mengecilkan hati ane dengan menganggap seakan-akan arsitek gak lebih baik dari dokter. Kita lihat aja nanti. InsyaAllah ane bakal memberi yang terbaik buat semuanya. Amin.

5 comments: